KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Selasa 09 Oktober 2018 09:06:44
by MelindaCare, via Artikel Postpartum

Kondisi ibu setelah melahirkan caesar biasanya membutuhkan wakut pemulihan yang membutuhkan waktu lebih lama dibanding persalinan normal. Bagi ibu yang melakukan proses persalinan secara caesar baik terencana atau darurat, disarankan untuk memberikan perhatian ekstra untuk memulihkan kondisi fisik seperti semula.

Ibu yang memilih proses persalinan secara caesar, harus memahami terlebih dahulu kondisi yang akan dialami pasca operasi caesar. Berikut beragam keluhan yang kerap dialami ibu setelah operasi caesar.

Nyeri pada bekas sayatan

Beberapa ibu mengeluhkan nyeri di bekas sayatan hingga berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Nyeri terasa ketika melakukan pekerjaan cukup berat. Namun, sebagian ibu justru merasa kebal di area bekas sayatan karena saraf di daerah tersebut putus akibat sayatan. Rasa kebal akan hilang dalam waktu beberapa bulan, tergantung kesehatan ibu.

Nyeri pada tulang belakang

Ibu mengalami sakit atau nyeri pada tulang belakang di tempat bekas penyuntikan obat anestesi. Nyeri terasa saat ibu mengangkat beban yang cukup berat, membungkuk, atau melakukan aktivitas yang melibatkan tulang belakang. Rasa sakit atau nyeri akan hilang dengan sendirinya setelah berhari-hari bahkan berminggu-minggu.

Muncul keloid pada bekas jahitan

Keindahan perut ibu akan terganggu oleh munculnya keloid atau bekas luka yang membentuk benjolan memanjang pada bekas jahitan. Pencegahan keloid bisa dilakukan dengan memberikan beberapa obat khusus untuk mencegah keloid walaupun tidak 100% ampuh. Ini tergantung kondisi tubuh masing-masing dan teknik operasi yang dilakukan.

Luka bekas operasi bisa terinfeksi

Luka bekas operasi bisa terinfeksi jika tidak dirawat dengan baik. Terkadang luka terbuka kembali sehingga perlu dilakukan penjahitan ulang. Untuk mengatasi infeksi, ibu diharuskan mengonsumsi antibiotik, menjaga kebersihan tubuh, dan mengonsumsi makanan yang cukup kalori dan nutrisi.

Berisiko sembelit dan mual

Ibu yang menjalani persalinan secara caesar lebih berisiko terkena sembelit dibanding ibu yang menjalani persalinan normal. Ibu kerap merasa mual bahkan muntah akibat sisa pengaruh obat anestesi.

Apapun bentuk sayatan yang dilakukan pada proses operasi persalinan caesar, tetap saja akan meninggalkan bekas jahitan dan rasa nyeri. Bekas jahitan akan kering dalam waktu 6-8 minggu setelah persalinan. Penyembuhan luka pasca operasi caesar yang lebih lama dibanding persalinan normal, membuat aktivitas ibu lebih terbatas.

Semoga informasi kondisi ibu setelah melahirkan caesar ini bisa membantu Anda. 

Komentar Artikel Kondisi Ibu Setelah Melahirkan Caesar
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI