KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Jumat 25 Mei 2018 14:42:31
by MelindaCare, via Artikel Lain-lain

Jenis-jenis minyak zaitun ini penting loh untuk diketahui. Terlebih setiap jenisnya memiliki fungsi yang berbeda, misalnya untuk menggoreng masakan hanya jenis light olive oil yang bisa dipakai, dan jenis minyak zaitun lainnya berbahaya jika dipakai untuk menggoreng.

Para ahli kesehatan percaya minyak zaitun memiliki nilai terapi yang tinggi bagi kesehatan sejak zaman lampau. Apa itu minyak zaitun? Minyak zaitun adalah minyak yang diperoleh dari buah yang berasal dari pohon zaitun (Olea Europaea). Tanaman zaitun tumbuh di kawasan Mediterania, seperti Timur Tengah, Italia, Spanyol, Yunani, dan negara lain disekitarnya. 

 
Kandungan minyak zaitun yang rendah lemak dan kolesterol, dinilai ampuh untuk kesehatan jantung dan mengobati kolesterol. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Khasiatnya juga baik untuk memperbaiki pencernaan yang buruk dan mengatasi sembelit. 
 
Minyak zaitun  mudah ditemukan dipasaran dengan jenis berbeda-beda. Meskipun hampir seluruh jenis minyak zaitun bermanfaat, namun nilai manfaat minyak zaitun tetap tergantung pada jenis minyak zaitun. Berikut jenis-jenis minyak zaitun berdasarkan kualitasnya.
 
Extra Virgin Olive Oil
Minyak zaitun  extra virgin merupakan jenis minyak zaitun yang paling murni karena berasal dari hasil ekstraksi pertama buah zaitun melalui proses cold press. Warna minyak ini biasanya kehijauan dan memiliki rasa dan aroma yang lebih tajam. Harganya lebih mahal karena berasal dari buah zaitun dengan kualitas nomor satu. Minyak zaitun jenis ini lebih baik dikonsumsi dengan cara diminum atau digunakan sebagai campuran makanan seperti salad atau sayuran yang direbus. 
 
Virgin Olive Oil
Minyak zaitun  murni berwarna hijau kekuningan merupakan hasil dari proses perasan dingin namun dari ekstrak atau perasan kedua. Tingkat keasamannya lebih tinggi. Minyak zaitun jenis ini dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan salad dressing dan bisa juga digunakan sebagai campuran masakan  dan untuk menumis.
 
Fino Olive Oil
Minyak jenis ini merupakan hasil campuran extra virgin dan virgin.
 
Pure Olive Oil
Minyak jenis ini merupakan minyak zaitun hasil penyulingan. Kandungan nutrisinya yang rendah menyebabkan harga minyak ini lebih ekonomis dibandingkan harga extra virgin. Minyak zaitun jenis ini biasa digunakan untuk memasak dan menambah serta memperkuat rasa. 
 
Extract dan Refined Olive Oil
Minyak zaitun  jenis ini dihasilkan dari perasan pertama namun diproses secara kimia. Minyak jenis virgin ditambahkan ke dalam minyak untuk memperkuat rasa.
 
Extra Light dan Light Olive Oil
Minyak jenis ini berkualitas rendah dan dibanderol dengan harga cukup murah dibanding jenis lainnya.  Minyak zaitun jenis ini merupakan hasil pemurnian dari hasil ekstrak atau perasan minyak zaitun yang berkualitas rendah. Kualitasnya dapat dikenali berdasarkan aroma, rasa dan warna.
 
Pomace
Minyak zaitun  jenis ini diproses secara kimia dan ditambahkan minyak virgin untuk memperkuat rasanya. Biasa dijadikan bahan baku kosmetik, shampoo, sabun dan lainnya.
 
Setelah mengetahui jenis-jenis minyak zaitun, Anda lebih mudah memilih minyak zaitun berdasarkan kebutuhan konsumsi Anda. Dapatkan segudang manfaat dari minyak zaitun bila Anda rutin mengonsumsinya.
Komentar Artikel Jenis-jenis Minyak Zaitun
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI