KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Rabu 06 Juni 2018 14:08:42
by MelindaCare, via Artikel Keluarga

Sembelit saat hamil? tidak sedikit kok para ibu hamil yang mengalaminya.Kehamilan bisa menimbulkan beberapa hal yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, salah satunya sembelit atau konstipasi. Ibu hamil yang mengalami sembelit memiliki gejala yang berbeda. Sebagian mengalami kesulitan buang air besar. Bahkan tak jarang dalam seminggu kurang dari tiga kali, kembung, dan lainnya. Mengatasi sembeli saat hamil bisa dengan beberapa cara ini :

  • Rajin berolahraga. Tidak perlu olahraga berat, cukup ringan namun dilakukan secara rutin.

  • Mengonsumsi banyak air. Kehamilan membuat usus menyerap air lebih banyak dan memperbanyak konsumsi air bisa menghindari Anda dari dehidrasi. Memperbanyak konsumsi air membantu feses lebih mudah dikeluarkan.

  • Konsumsi suplemen vitamin dan air mineral yang tepat karena beberapa jenis suplemen bisa menyebabkan kembung serta sembelit. Antasida (antacids) salah satu jenis suplemen mengandung alumunium yang bisa menimbulkan sembelit sehingga lebih baik untuk menghindarinya. Batasi konsumsi suplemen zat besi dan perbanyak suplemen vitamin C yang dapat meringankan gejala konstipasi. Konsultasikan dengan dokter mengenai suplemen yang tidak memberikan efek negatif selama kehamilan.

  • Konsumsi serat setiap hari untuk membantu lancarnya sistem pencernaan.

  • Jangan minum obat pencahar apalagi sembarangan mengonsumsi obat-obatan. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai penanganan yang tepat.

Masalah ini biasanya sering muncul karena terjadi perubahan hormon selama hamil sehingga mempengaruhi kerja organ, termasuk pencernaan. Bisa juga dikarenakan tubuh yang menyerap lebih banyak air sehingga feses lebih kering. Penyebab lainnya dipicu konsumsi suplemen zat besi dosis tinggi semasa hamil. Semoga tips mengatasi sembelit saat hamil ini bermanfaat.

Komentar Artikel Sembelit Saat Hamil? Ini Solusinya!
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI