KATEGORI ARTIKEL
PENCARIAN ARTIKEL
CARI
Jumat 11 Mei 2018 10:10:20
by MelindaCare, via Artikel Penyakit

Apa itu penyakit kaligata? kaligata atau urtikaria  adalah suatu reaksi pada kulit yang timbul mendadak (akut) karena pengeluaran histamin yang mengakibatkan pelebaran pembuluh darah dan perembesan cairan dari pembuluh darah. Reaksi tersebut menimbulkan bentol - bentol dengan ukuran yang besar di permukaan tubuh.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa dan tidak mengenal jenis kelamin. Penyebabnya sendiri diduga bermacam-macam seperti alergi terhadap obat dan makanan, terpapar debu di luar rumah, perubahan temperatur, stres, atau juga gigitan serangga.

Keluhan utama biasanya gatal, dengan rasa terbakar atau tertusuk. Tampak kemerahan bengkak setempat berbatas tegas, kadang-kadang bagian tengah tampak lebih pucat. Urtikaria biasa terjadi dalam berkelompok. Satu urtikaria sendiri dapat bertahan dari empat sampai 36 jam. Bila satu urtika menghilang, urtika lain dapat muncul kembali.

Bila mengenai organ dalam, misalnya saluran cerna dan napas, disebut angioedema. Pada keadaan ini jaringan yang lebih sering terkena ialah muka, disertai sesak napas dan serak. Sekitar 40% penderita urtikaria kronis akan menderita angioedema.

Gejala mungkin tidak terjadi setiap saat. Untuk beberapa orang, kondisi tertentu seperti panas, dingin atau stres akan menyebabkan perburukan gejala.

Semoga informasi seputar apa itu penyakit kaligata ini bisa menambah wawasan Anda.

Komentar Artikel Apa Itu Penyakit Kaligata?
Leave A Reply
name
email address
website
message
captcha Ganti Kode Captcha  
   
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI